Mencegah Cegukan dan Mengetahui Penyebabnya



Kadang-kadang kita cegukan. Tapi saat dia mulai cegukan, kondisi itu bisa berlangsung hingga beberapa jam, menyebabkan merasa tidak nyaman. Dokter keluarganya berkata bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikuatirkan dan menyarankan dia minum air hingga cegukan itu berhenti.

Sekalipun tidak berbahaya bagi Kesehatan, cegukan menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman saat berlangsung selama beberapa jam.

Apakah Penyebab Cegukan?


Dr. Parul R Sheth, konsultan kesehatan,  cegukan disebabkan karena diakframa mengalami kejang secara tiba-tiba. “Hal ini dikarenakan menelan udara bersama dengan makanan saat makan terlalu cepat, makan makanan pedas, minum air soda atau alkohol terlalu banyak, takut, rasa senang, perubahan temperatur, pengobatan tertentu atau beberapa penyakit dan operasi perut, dll.”

Dokter umum Dr. Rajesh Jharia menambahkan, “Istilah medis untuk cegukan adalah singultus, kondisi di mana diakframa mengalami refleks kejang atau kejang otot tulang iga dan diakfragma. Hal ini diikuti oleh penutupan glottis, menimbulkan suara “hic” yang jelas. Cegukan adalah hal yang umum terjadi, biasanya sementara, mempengaruhi semua orang tapi jarang menjadi hal yang merugikan. Berdasarkan durasinya, cegukan di bagi menjadi tiga jenis:


  • Hiccup bout: cegukan yang berlangsung tidak lebih dari 48 jam
  • Persisten hiccup: cegukan yang terjadi lebih dari 48 jam dan berlangsung selama beberapa hari.
  • Instractable hiccups: berlangsung lebih lama dari sebulan.

Kapan Cegukan Menjadi Masalah Kesehatan Yang Serius?


“Walaupun kebanyakan cegukan tidak berlangsung lebih dari beberapa menit, kadang-kadang ada yang berlangsung selama beberapa jam. Akan tetapi, jika mereka terjadi lebih dari sebulan dan membandel, Anda perlu mencari pertolongan medis. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius misalnya masalah sistem syaraf pusat, stroke, cidera, penurunan fungsi ginjal, masalah kesehatan mental dll,” kata Dr. Sheth.

“Tidak ada cara pasti untuk menghentikan cegukan. Tapi Anda bisa mencoba beberapa pengobatan alami misalnya memencet hidung dan menahan nafas, berkumur air atau minum air dingin pelan-pelan. Sesendok gula atau selai kacang, madu, menghembuskan nafas ke dalam tas kertas bisa menjadi cara yang efektif,” terang Dr. Sheth.


Cara Mudah Mencegah Cegukan :


Obat Cegukan Alami Hindarilah pemicu cegukan misalnya distensi lambung, minuman bersoda, aerophagia, perubahan mendadak pada indeks glisemik atau suhu lingkungan, alkohol, rokok, rasa senang yang tiba-tiba, atau stress. Hindari minum terlalu banyak, makan terlalu cepat, makan makanan pedas atau menelan udara sembari makan.
Mencegah Cegukan dan Mengetahui Penyebabnya Mencegah Cegukan dan Mengetahui Penyebabnya Reviewed by Unknown on 11:33 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.