Hindari Kanker Payudara Dengan Makan Buah Tomat

 

Manfaat Buah Tomat Untuk Mencegah Kanker Payudara


Sebuah penelitian mengungkap satu lagi manfaat buah tomat, yakni sebagai pencegah terjadinya kanker payudara. Seperti dilansir laman Huffington Post, studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Rutgers University, Inggris itu menemukan bahwa makan tomat sehari 1 butir dapat membantu menaikkan produksi hormon adiponektin yang terkait dengan timbulnya kanker tersebut.

Hormon tersebut dalam tubuh ikut di proses metabolisme lemak dan gula, lantas mencegahnya menyimpan lemak dan gula itu sehingga seseorang bisa terhindar dari obesitas.

Penelitian yang dipublikasikan pada laman Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini menyebut bahwa dengan menurunnya lemak dan gula yang disimpan dalam tubuh, maka kemungkinan terjadinya kanker payudara akan makin kecil.

    “Diketahui bahwa obesitas menjadi faktor utama meningkatnya produksi sel kanker payudara. Sehingga makan tomat bisa menjadi sahabat wanita dalam mencegah kanker,” kata Adana Llanos, Ph.D, peneliti dari Rutgers University.


Sebelumnya buah tomat sudah dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, berbagai mineral, zat phytochemical seperti lycopene yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah racun yang bisa merusak sel-sel tubuh serta menyebabkan kanker atau penuaan dini.

Penelitian tersebut melibatkan 70 orang wanita dengan usia menjelang dan pasca menopause sebagai bahan penelitian, yang sangat beresiko mengalami kanker payudara. Separuh dari peserta aktif dan rutin makan buah tomat selama 10 pekan, sedang separuh lainnya tidak.

Hasil akhir menunjukkan kadar hormon adiponektin pada wanita yang rutin mengonsumsi tomat naik 9% dan risiko mengalami obesitas dan kanker payudara menurun.
Hindari Kanker Payudara Dengan Makan Buah Tomat Hindari Kanker Payudara Dengan Makan Buah Tomat Reviewed by Unknown on 06:40 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.