5 Penyebab Vagina Gatal



 

5 Hal Penyebab Vagina Gatal Yang Perlu Di Waspadai


Penyebab Gatal Pada Vagina bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Munculnya gatal bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti bakteri atau internal seperti hormon. Berikut ini akan diuraikan 5 hal penyebab gatal pada vagina, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.


  • Bakteri

Bakteri vaginosis adalah penyebab paling umum gatal pada vagina. Ini disebabkan ketidakseimbangan dalam bakteri sehat dan perubahan pH vagina. Rasanya hampir sama dengan infeksi bakteri, tapi dalam kasus ini daerah vagina lebih berair dan biasanya menimbulkan bau tak sedap.


  • Infeksi jamur

Selain bakteri, infeksi jamur sering menjadi penyebab gatal pada vagina. Infeksi terjadi akibat pH vagina rusak, penggunaan antibiotik, seks, stres atau perubahan diet dan perempuan yang memiliki diabetes berisiko besar terkena infeksi.


  • Iritasi kulit

Disebabkan oleh alergi terhadap produk tertentu seperti penggunaan pembalut dengan parfum, kondom, dan pelumas atau akibat mencukur rambut pada alat kelamin. Iritasi ini menyebabkan vagina menjadi kemerahan, bengkak dan kulitnya menebal.


  • Penyakit seks menular

Hubungan seks yang berganti-ganti pasangan tanpa kondom memicu penyakit seperti klamidia, herpes, kencing bernanah dan keputihan dan menyebabkan alat kelamin gatal. Kutu juga bisa berkembang biak pada rambut kemaluan.


  • Hormon

Kapan saja tingkat hormon Anda berubah seperti masa haid, hamil, menopause atau jelang kelahiran, rasa gatal pada organ intim bisa saja terjadi. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan resep berupa krim ataupun pil jika gatal terus terjadi.
5 Penyebab Vagina Gatal 5 Penyebab Vagina Gatal Reviewed by Unknown on 03:38 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.