Penyebab dan Cara Menghindari Asam Urat


Obat Alami Atasi Penyakit Asam Urat


Gout terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh anda. Terlalu banyak asam urat di dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya kristal-kristal asam urat di sekitar sendi dan menyebabkan timbulnya nyeri.

Penyebab Asam urat dapat berasal dari berbagai makanan dan minuman, stress, serta berbagai jenis obat-obatan. Dengan mengetahui berbagai pemicu terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh dapat membantu anda mencegah terjadinya serangan gout.

Berbagai Pemicu Terjadinya Serangan Gout :

Setiap orang memiliki pemicu serangan gout yang berbeda-beda. Beberapa orang dapat mentoleransi konsumsi pemicu sampai batasan tertentu sebelum timbulnya serangan gout, sementara yang lainnya langsung mengalami serangan gout setelah mengkonsumsi pemicu bahkan dalam jumlah sedikit. Mengetahui dan menghindari pemicu serangan gout merupakan salah satu cara pencegahan terbaik.
  • Makanan
Berbagai jenis makanan kaya purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah anda. Makanan-makanan tersebut adalah jeroan (hati), seafood (sardin, teri, remis, dan salmon), dan sayuran (bayam). Mengkonsumsi satu atau kombinasi makanan di atas dapat memicu terjadinya serangan gout. Purin dapat ditemukan pada semua jenis makanan yang mengandung protein.
  • Alkohol
Bir dan minuman beralkohol lainnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan memicu terjadinya serangan gout. Selain itu, alkohol juga dapat membuat anda mengalami dehidrasi, yang juga merupakan salah satu pemicu terjadinya serangan gout. Akan tetapi, wine walaupun mengandung alkohol, biasanya tidak menyebabkan terjadinya serangan gout bila dikonsumsi dalam jumlah sedang.
  • Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan seperti obat anti hipertensi atau obat untuk mengatasi gagal jantung juga dapat menyebabkan terjadinya serangan gout. Obat-obatan yang dapat memicu terjadinya serangan gout adalah diuretika, obat golongan beta blocker, dan siklosporin.

Aspirin dosis rendah juga dapat memicu terjadinya serangan gout. Beritahu dokter anda mengenai keadaan anda (menderita gout) sebelum mengkonsumsi obat-obatan apapun.
  • Dehidrasi
Saat tubuh anda mengalami dehidrasi, maka kadar asam urat di dalam tubuh anda meningkat dan terjadi penurunan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan kelebihan asam urat. Oleh karena itu, saat anda mengalami dehidrasi, maka kemungkinan terjadinya serangan gout pun meningkat.
  • Minuman Manis
Bila anda menderita gout, sebaiknya hindarilah mengkonsumsi minuman manis yang mengandung fruktosa karena hal ini dapat memicu terjadinya serangan gout.
  • Gangguan Kesehatan Lainnya
Adanya gangguan kesehatan lainnya, seperti pneumonia atau paska melakukan tindakan pembedahan juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat dan dapat memicu terjadinya serangan gout.

Tips Mencegah Serangan Gout :

Banyak penderita gout mengatakan bahwa serangan gout merupakan suatu keadaan yang menyebabkan timbulnya nyeri hebat secara mendadak. Selain menimbulkan nyeri hebat mendadak, serangan gout juga dapat merusak sendi, di mana kerusakan sendi ini tidak dapat diperbaiki.
  • Hindari Pemicu
Walaupun sulit untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, mengetahui makanan mana yang lebih berpotensi menyebabkan timbulnya serangan gout pada anda dan kemudian menghindarinya dapat sangat membantu anda mencegah terjadinya serangan gout.
  • Obat-obatan
Obat Asam Urat dan Jika anda mengalami serangan gout sebanyak 2 atau 3 kali dalam satu tahun, maka dokter anda akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi berbagai obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat anda, seperti feboxostat, allopurinol, dan probenesid. Dokter anda juga dapat memberikan kolkisin untuk mencegah terjadinya serangan gout berikutnya. Waspadalah selama beberapa bulan pertama saat menggunakan obat-obatan tersebut karena dapat menyebabkan terjadinya serangan gout.
  • Gaya Hidup Sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat, mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi alkohol, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah serangan artritis gout dan menjaga kadar asam urat anda tetap stabil. Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi cairan yang cukup selama berolahraga karena dehidrasi dapat memicu terjadinya serangan gout.
  • Turunkan Berat Badan
Berat badan berlebih juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah dan meningkatkan resiko terjadinya serangan gout.
Penyebab dan Cara Menghindari Asam Urat Penyebab dan Cara Menghindari Asam Urat Reviewed by Unknown on 03:52 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.