Cara Mengatur Pola Makan Saat Puasa


Tips Mengatur Pola Makan yang Dianjurkan Saat Puasa


Tips Kesehatan Saat Berpuasa dan Pada awal puasa Ramadhan biasanya sebagian orang menyiapkan menu sahur atau buka puasa dengan berlebihan. Banyak menu makanan yang disiapkan sehingga bisa sahur dengan kenyang dan “balas dendam” untuk makan di waktu buka puasa. 

Tapi, sebaiknya hindari cara konyol ini. Selama berpuasa lakukan pemenuhan konsumsi makanan dengan memperhatikan komposisi yang sesuai dengan kondisi ini.

    “Puasa itu hanya menggeser jam sarapan dan melewatkan makan siang. Saya menganjurkan saat sahur kita harus makan makanan lengkap dengan karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah,” kata Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lanjut dr Fiastuti, makan sahur menggunakan makanan yang lengkap dapat menjaga perut kenyang lebih lama dan kadar gula darah tidak naik turun secara drastis. Bila tubuh merasa lemas dan pusing ada kemungkinan gula darah mengalami penurunan cukup banyak.

Pola Makan Yang Benar Saat Berpuasa dan Pada saat berbuka dianjurkan untuk cukup makan makanan manis untuk mengatasi gejala gula darah turun. Setelah solat maghrib, baru makan besar dengan menu lengkap dan padat. Namun kurangi makanan manis atau mengandung gula setelah itu,” tuturnya.
Cara Mengatur Pola Makan Saat Puasa Cara Mengatur Pola Makan Saat Puasa Reviewed by Unknown on 05:20 Rating: 5
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.